Cara Mencuci Pakaian Putih

Seringkali baju atau kaos putih yang kita miliki cepat kusam warnanya dan semakin hari kian keabu-abuan. Pada prakteknya, sebenarnya hal ini tidak selalu disebabkan oleh kualitas baju yang jelek, namun sering diakibatkan oleh perawatan baju itu sendiri yang kurang hati-hati, terutama dalam mencuci baju tersebut. Nah, untuk amannya, Shafamom mau membagi cara mencuci pakaian putih agar awet putihnya.

Mencuci pakaian putih tentu tidak boleh sembarangan. Kita tidak boleh memperlakukannya sama seperti baju-baju dengan warna lain yang cenderung lebih gelap dan tidak mudah kotor. Agar warna putih pakaian tetap awet dan bersinar, berikut beberapa langkah yang dapat Sista ikuti:

Pisahkan dengan pakaian warna
Pisahkan pakaian putih dengan pakaian warna karena kadang pakaian warna mudah luntur. Sekecil apapun lunturan tersebut jika mengenai warna putih tentu akan membuat warna tersebut menjadi kusam.

Rendam beberapa saat 
Agar bersih sempurna, rendam pakaian putih beberapa saat agar kotoran atau debu dapat terpisah dan mengendap di air. Gunakan air bersih untuk merendamnya.

Kucek dengan hati-hati
Agar kotoran terpisah, kadang Sista harus mengucek pakaian putih tersebut, terlebih untuk kotoran membandel yang sulit hilang.

Rendam dengan sabun khusus
Saat ini banyak sekali jenis sabun cuci yang dibuat khusus untuk pakaian warna putih. Karena memiliki unsur pembersih masing-masing, sabun sembarangan kadang membuat pakaian putih menjadi kusam.

Bilas sampai bersih
Setelah direndam sabun beberapa saat, bilaslah pakaian putih tersebut dengan air bersih beberapa kali  hingga tidak ada lagi elemen sabun yang melekat. 

Jemur di tempat khusus
Penjemuran hendaknya juga tidak boleh langsung di terik matahari karena pada beberapa kesempatan, sinar matahari langsung akan membuat warna putih berangsur-angsur pudar. Usahakan penjemuran di tempat yang cukup teduh tapi terbuka.

Nah, itulah cara mencuci pakaian putih versi Shafamom. Sista boleh berkreasi untuk menjaga pakaian tetap putih, tetapi dengan mengikuti tips ini, setidaknya Sista tidak harus pusing memikirkan caranya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.




Kategori:

 
Powered by Blogger.